Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PERTEMUAN PERTAMA PELATIHAN PENULISAN SEJARAH OLEH KPSKP

KALIBAWANG – Departemen Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gadjah Mada bekerja sama dengan Komunitas Penggiat Sejarah Kulon Progo (KPSKP) mengadakan pelatihan penulisan sejarah desa bagi anggota KPSKP.

Fasilitator, Panitia, dan Peserta Pelatihan
Pertemuan pertama kegiatan ini diadakan pada hari, Sabtu 30 Juli 2022 di Kedai Kopi Gong, Padukuhan Kagongan, Kalurahan Banjararum, Kapanewon Kalibawang. Pertemuan tersebut merupakan awal bagi para peserta untuk dapat berkenalan antara satu dengan yang lain dan juga sebagai gambaran tentang apa yang akan ditulis nantinya. 

Jumlah peserta yang hadir adalah 20 orang diantaranya, peserta sebanyak 15 orang ditambah dengan fasilitator dan panitia dari KPSKP. Dalam hal ini fasilitator pendamping yang hadir diantaranya, Prof. Dr. Bambang Purwanto, M.A., Dr. Abdul Wahid, M.Hum., M.Phil., Dr. Mutiah Amini, M.Hum., dan Dr. Yulianti.

Tema yang  diangkat kali  ini adalah “Sejarah Penjajahan Jepang  hingga Revolusi kemerdekaan Indonesia di Kulon Progo”. Tujuan dari penulisan ini diantaranya adalah untuk inventarisasi sumber sejarah di Kulon Progo, melihat sejarah lokal yang belum semua terekam dalam sejarah umum, mengasah kemampuan menulis artikel sejarah, serta luaran  kegiatan  ini adalah diterbitkannya buku bunga rampai.

Pelatihan penulisan sejarah kali ini dibuka oleh Dr. Mutiah Amini,M.Hum. (Kepala Prodi S1 Sejarah FIB UGM), yang dalam hal ini mewakili fasilitator penulisan dari Departemen Sejarah FIB UGM.Kegiatan dilanjutkan dengan perkenalan antar peserta dengan fasilitator pendamping, kemudian disambung dengan paparan oleh Dr. Mutiah Amini, M.Hum., yang berisi dasar-dasar dalam penulisan dan penelitian sejarah desa, fungsi sejarah desa, cara untuk menemukan topik penulisan termasuk tentang kontribusi artikel sejarah dalam situs web milik Kalurahan-kalurahan sebagai media utama dalam menarasikan desa.  

Pematerian oleh Prof. Bambang Purwanto, M.A.

Pematerian selanjutnya oleh Prof. Dr. Bambang Purwanto, M.A. Disampaikan konsep – konsep tentang desa, dimulai dari terminologi desa yang tidak terbatas hanya desa secara administratif namun desa sebagai identitas kultural.  Beliau juga menyampaikan banyak hal yang dapat disampaikan melalui penulisan sejarah desa terlebih lagi yang berkaitan erat dengan transformasi desa. Guru Besar Bidang Sejarah FIB ini menyampaikan bahwa desa mengalami perubahan yang sangat besar. Aksioma tersebut adalah titik persimpangan apakah di era digital dan modernisme apakah akan meneguhkan identitas desa atau justru menjadi sumber regresi. Meenurutnya, ilmu  sejarah mampu menjadi jembatan komunikasi atas perubahan-perubahan terjadi.  

Pematerian oleh Dr. Abdul Wahid, M.Hum., M,Phil.

Pemaparan yang selanjutnya adalah oleh Dr.Abdul Wahid, M.Hum., M.Phil., yang menyampaikan tahapan – tahapan penelitian sejarah lisan utamanya pada langkah persiapan dan perencanaan. Beliau juga memaparkan bagaimana mekanisme umum  wawancara sejarah lisan berlangsung dan berjalan. Menyambung dengan  itu Dr. Yulianti menambahkan pengalaman-pengelaman  penelitian dengan metode sejarah lisan termasuk mengenai etika komunikasi.

Sigit Surachman, salah satu peserta pelatihan.

Diakhir sesi peserta pelatihan diminta untuk menceritakan rencana artikel yang akan diteliti sesuai tema yang ditawarkan. Sebagian besar peserta telah memiliki topik yang akan ditulis dan sebagian nya pula berlokus di desa dimana peserta tinggal sehingga lokalitas menjadi nilai lebih.  Harapannya pertemuan pertama pelatihan penulisan sejarah ini dapat menjadi bekal awal peserta dalam  melakukan kegiatan penelitian.

Penulis: Farit Nur Hidayat

Editor: Arif Akbar Pradana 

Posting Komentar untuk "PERTEMUAN PERTAMA PELATIHAN PENULISAN SEJARAH OLEH KPSKP "