Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Komunitas Penggiat Sejarah Kulon Progo

Organisasi Komunitas Penggiat Sejarah Kulon Progo (KPSKP) - Menggali dan Melestarikan Sejarah Kulon Progo untuk Membangun Identitas dan Kemajuan Pembangunan Kulon Progo.

komunitas-penggiat-sejarah-kulon-progo

Tujuan Pendirian Komunitas Penggiat Sejarah Kulon Progo (KPSKP)

  1. Memetakan potensi-potensi  sejarah di Kulon Progo melalui kegiatan kunjungan ke situs-situs sejarah dan pusat arsip sejarah dengan wawancara dan observasi lapangan.
  2. Menyelenggarakan pembelajaran sejarah dengan kegiatan diskusi, penelitian dan penulisan sejarah.
  3. Menghasilkan karya tulis sejarah (historiografi) dalam bentuk karya-karya ilmiah dan karya monumental sejarah.
  4. Mencetak pribadi yang sadar dan peduli terhadap khasanah sejarah dan budaya lokal Kulon Progo.

Arti Logo KPSKP

Logo Komunitas Penggiat Sejarah Kulon Progo berupa dua atap rumah dengan tulisan KPSKP sebagai tiang dan dinding merupakan gambaran dari bangunan Bale Agoeng di Kota Wates yang memiliki kisah historis sebagai tempat terbentuknya Kabupaten Kulon Progo dari gabungan Kabupaten Kulon Progo dan Kabupaten Adikarta pada 15 Oktober 1952.

Makna Logo KPSKP

Logo rumah dimaknai sebagai wadah para penggiat sejarah yang sadar dan peduli untuk melestarikan terhadap khasanah sejarah dan budaya lokal Kulon Progo.

Dengan adanya Komunitas Penggiat Sejarah Kulon Progo diharapkan dapat memberikan sumbangsih pengembangan dan pembangunan Kulon Progo.

1 komentar untuk "Komunitas Penggiat Sejarah Kulon Progo"

  1. Saatnya sejarah bukan menjadi bahan hafalan, tetapi juga bisa menjadi dasar pertimbangan bagi sebuah proses pembangunan menuju peradaban yang lebih mulia.

    BalasHapus