Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pelatihan Penulisan Sejarah oleh Departemen Sejarah FIB Universitas Gadjah Mada kepada KPSKP


Dokumentasi Peserta Pelatihan 

Rabu, 20 Oktober 2021 telah berhasil diselenggarakan Worskhop II “Pendampingan Penulisan Sejarah Pandemi di Pedesaan oleh Komunitas Penggiat Sejarah Kulon Progo (KPSKP)” di Balkondes Sentolo secara luring. 

Kegiatan tersebut merupakan akhir rentetan dari program pengabdian kepada masyarakat oleh Departemen Sejarahakultas Ilmu Budaya(FIB) Universitas Gadjah Mada (UGM) yang sudah dimulai sejak akhir Agustus yang lalu.

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya bahwa kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari workshop yang pertama “Pelatihan Dasar-Dasar Penelitian dan Penulisan Sejarah” yang kemudian disambung dengan pendampingan penelitian dan diakhiri dengan workshop yang kedua.  Agenda dari kegiatan workshop ini adalah sesi sharing proses penelitian dari peserta workshop, yang dilanjutkan dengan pemberian tanggapan dan review atas artikel hasil penelitian oleh fasilitator, Dr. Abdul Wahid, M.Phil. dan Dr. Mutiah Amini, M.Hum.

Sesi Sharing Pelatihan

Di sesi sharing peserta workshop menceritakan bagaimana tahap pengumpulan data di lapangan, proses analisis, hingga sampai pada penulisan. Terdapat beberapa hal menarik yang dibagikan oleh peserta workshop khususnya pada saat tahap pengumpulan data. Seperti salah satunya, pemanfaatan aplikasi pesan Whatsapp sebagai (salah satu) alat untuk melakukan wawancara, tempat pengamatan interaksi masyarakat dalam grup Whatsapp, hingga pembacaan situasi pandemi yang selalui digulirkan di dalam aplikasi pesan tersebut. 

Penggunaan alat-alat seperti ini merupakan metode yang baru dalam penelitian sejarah. Cara yang baru ini pula menunjukan bahwa orang telah berhasil menemukan cara-cara yang adaptif sebagai respons dari situasi pandemi yang serba tidak menentu. Artikel hasil penelitian kemudian akan dipublikasikan (yang sebelumnya dilakukan proses penyuntingan oleh tim redaksi) di kpskp.id.

Dalam acara tersebut Arif Akbar Pradana mewakili rekan-rekan KPSKP, menghaturkan banyak terima kasih kepada Departemen Sejarah FIB UGM yang telah menyelenggarakan sekaligus memfasilitasi kegiatan pelatihan penelitian dan penulisan sejarah  yang berlangsung selama lebih kurang 2 bulan.

Harapannya ke depan, acara ini akan menjadi pemantik bagi komunitas untuk lebih produktif dalam melakukan berbagai bentuk, macam, dan jenis kegiatannya.




Posting Komentar untuk "Pelatihan Penulisan Sejarah oleh Departemen Sejarah FIB Universitas Gadjah Mada kepada KPSKP"